kreteria ketuntasan minimal aqidah akhlak mts
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Madrasah : MTs Miftahul Ulum Cangkring
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 1
Nilai KKM :
KOMPETENSI INTI / POKOK BAHASAN KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | |||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Penguasaan Konsep | Penerapan | ||
KI 1 (Sikap dan Spiritual) | ||||||
1.1. Menghayati nilai-nilai Aqidah Islam | ||||||
1.2. Meyakini sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah., sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah SWT | ||||||
1.3. Menghayati sifat ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari. | ||||||
1.4. Menghayati adab Shalat dan dzikir | ||||||
1.5. Menghayati kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya | ||||||
KKM KI 1 | ||||||
Jumlah KI 1 ( 5 KD ) | ||||||
KI 2 (Sikap Sosial) | ||||||
2.1 Menampilkan perilaku orang yang mengimani aqidah Islam dalam kehidupan sehari-hari | ||||||
2.2 Menampilkan perilaku mengimani sifat-sifat Allah | ||||||
2.3 Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari | ||||||
2.4 Terbiasa menerapkan adab Shalat dan dzikir | ||||||
2.5 Mencontoh kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya | ||||||
KKM KI 2 | ||||||
Jumlah KI 2 ( 5 KD ) | ||||||
KI 3 (Pengetahuan) | ||||||
AQIDAH ISLAM | ||||||
3.1. Memahami dalil, dasar dan tujuan akidah Islam | ||||||
3.1.1. Menjelaskan pengertian akidah Islam 3.1.2. Mengidentifikasi dalil tentang akidah Islam 3.1.3. Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam 3.1.4. Menjelaskan hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman,islam,dan ihsan) | ||||||
SIFAT-SIFAT ALLAH DAN PEMBAGIANNYA | ||||||
3.2. Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah beserta bukti/dalil naqli dan aqlinya, sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT. | ||||||
3.2.1. Menunjukkan dalil tentang sifat wajib, mustahil yang nafsiyah, salbiyah. ma’ani, dan maknawiyah serta sifat jaiz Allah 3.2.2. Menjelaskan pengertian sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah 3.2.3. Mengidentifikasi sifat wajib Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah 3.2.4. Menjelaskan pengertian sifat mustahil bagi Allah yang nafsiyah salbiyah, ma’ani dan maknawiyah 3.2.5. Mengidentifikasi sifat mustahil Allah yang nafsiyah salbiyah,ma’ani dan maknawiyah 3.2.6. Menjelaskan pengertian sifat jaiz bagi Allah 3.2.7. Menyebutkan sifat Jaiz bagi Allah | ||||||
TAAT, IKHLAS, KHAUF, DAN TAUBAT | ||||||
3.3. Memahami pengertian, contoh dan dampak positif sifat ikhlas, taat, khauf dan taubat | ||||||
3.3.1. Menjelaskan pengertian ikhlas, taat, khauf, dan tobat 3.3.2. Mengidentifikasi dalil tentang ikhlas, taat, khauf, dan tobat 3.3.3. Menunjukkan contoh ikhlas, taat, khauf, dan tobat 3.3.4. Menjelaskan dampak positif ikhlas, taat, khauf, dan tobat | ||||||
ADAB SHOLAT DAN DZIKIR | ||||||
3.4. Memahami adab Shalat dan dzikir | ||||||
3.4.1. Menjelaskan pengertian adab salat dan zikir 3.4.2. Mengidentifikasikan dalil tentang adab salat dan zikir 3.4.3. Menjelaskan tentang adab-adab salat dan zikir 3.4.4. Menujukkan hikmah perilaku orang yang melakukan adab-adab salat dan zikir yang benar | ||||||
KETELADANAN NABI SULAIMAN | ||||||
3.5. Menganalisiskisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya | ||||||
3.5.1. Menjelaskan contoh kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. 3.5.2. Menjelaskan hikmah yang bisa di ambil dari kisah keteladanan nabi Sulaiman a.s. 3.5.3. Menunjukkan contoh orang/tokoh yang meneladani sifat Nabi Sulaiaman a.s. | ||||||
KKM KI 3 | ||||||
Jumlah KI 3 ( 5 KD ) | ||||||
KI 4 (Keterampilan) | ||||||
AQIDAH ISLAM | ||||||
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran aqidah Islam | ||||||
4.1.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam. | ||||||
SIFAT-SIFAT ALLAH DAN PEMBAGIANNYA | ||||||
4.2. Menyajikan contoh fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah SWT | ||||||
4.2.1. Menunjukkan contoh fenomena-fenomena kehidupan yang muncul sebagai bukti dari sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah Swt | ||||||
TAAT, IKHLAS, KHAUF, DAN TAUBAT | ||||||
4.3. Menceritakan kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena kehidupan. | ||||||
4.3.1. Menceritakan kisah/fenomena yang muncul berkaitan dengan perilaku ikhlas,taat,khauf,dan tobat dalam kehidupan sehari-hari 4.3.2. Mencari kisah-kisah yang berkaitan dengan dampak positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan tobat dalam fenomena kehidupan | ||||||
ADAB SHOLAT DAN DZIKIR | ||||||
4.4. Mensimulasikan adab Shalat dan dzikir | ||||||
4.4.1. Mempraktikkan adab salat dan zikir | ||||||
KETELADANAN NABI SULAIMAN | ||||||
4.5. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman dan umatnya | ||||||
4.5.1. Menyajikan cuplikan kisah-kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s. | ||||||
KKM KI 4 | ||||||
Jumlah KI 4 ( 5 KD ) | ||||||
RATA-RATA | ||||||
RATA-RATA KESELURUHAN |
Mengetahui, Bondowoso,
Kepala MTs Miftahul Ulum Guru Mata Pelajaran
WAHYUDI,S.Pd.I WAHYUDI, S.Pd.Ii
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Madrasah : MTs Miftahul Ulum Cangkring
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas / Semester : VII / 2
Nilai KKM :
KOMPETENSI INTI / POKOK BAHASAN KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | Hasil KKM dalam Aspek | KKM % | |||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Penguasaan Konsep | Penerapan | ||
KI 1 (Sikap dan Spiritual) | ||||||
1.1. Meyakinisifat-sifat Allah SWT melalui al-asmaa' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) | ||||||
1.2. Meyakini adanya malaikat-malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan | ||||||
1.3. Menolak akhlak tercela riya’ dan nifaq | ||||||
1.4. Menghayati adab membaca Al Qur’an dan adab berdoa | ||||||
1.5. Menghayati keteladanan Ashabul Kahfi | ||||||
KKM KI 1 | ||||||
Jumlah KI 1 ( 5 KD ) | ||||||
KI 2 (Sikap Sosial) | ||||||
2.1. Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmaa' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) | ||||||
2.2. Memiliki perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan | ||||||
2.3. Membiasakan diri menghindari akhlak tercela riya’ dan nifaq | ||||||
2.4. Terbiasa menerapkan adab membaca Al Qur’an dan adab berdoa | ||||||
2.5. Menghayati kisah keteladanan Ashabul Kahfi | ||||||
KKM KI 2 | ||||||
Jumlah KI 2 ( 5 KD ) | ||||||
KI 3 (Pengetahuan) | ||||||
ASMAUL HUSNA | ||||||
3.1. Menguraikan al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) | ||||||
3.1.1 Menyebutkan 9 nama asmaul Husna 3.1.2 Menjelaskan arti dari masing-masing asmaul Husna 3.1.3 Menunjukkan dalil naqli dan aqli tentang masing-masing sub asmaul Husna | ||||||
BERIMAN KEPADA MALAIKAT DAN MAKHLUK GAIB LAIN SELAIN MALAIKAT | ||||||
3.2. Mendeskripsikan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan | ||||||
3.2.1 Menjelaskan tentang tugas dan sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya | ||||||
RIYA’ DAN NIFAQ | ||||||
3.3. Memahami akhlak tercela riya’ dan nifaq | ||||||
3.3.1 Menjelaskan pengertian akhlak riya 3.3.2 Menjelaskan pengertian nifaq 3.3.3 Mengidentifikasi akhlak tercela riya’ dan nifaq | ||||||
ADAB MEMBACA AL-QUR’AN DAN BERDOA | ||||||
3.4. Memahami adab membaca Al Qur’an dan adab berdoa | ||||||
3.4.1 Menjelaskan tata cara adab membaca al-Qur’an 3.4.2 Menjelaskan tata cara adab berdoa yang dianjurkan | ||||||
KETELADANAN ASHABUL KAHFI | ||||||
3.5. Menganalisis kisah keteladanan Ashabul Kahfi | ||||||
3.5.1 Menjelaskan kisah Ashabul Kahfi 3.5.2 Memberikan contoh tentang tauladan dari kisah Ashabul Kahfi | ||||||
KKM KI 3 | ||||||
Jumlah KI 3 ( 5 KD ) | ||||||
KI 4 (Keterampilan) | ||||||
ASMAUL HUSNA | ||||||
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran sifat-sifat Allah yang terkandung dalam al-asmaa’ al-husnaa (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) | ||||||
4.1.1. Menjelaskan berbagai manfaat perilaku yang merupakan contoh perbuatan meneladani asmaul husna tertentu. 4.1.2 Menyajikan fenomena, fakta atau bercerita tentang peristiwa, fenomena atau kejadian yang menunjuk pada ilustrasi sub asmaul Husna. | ||||||
BERIMAN KEPADA MALAIKAT DAN MAKHLUK GAIB LAIN SELAIN MALAIKAT | ||||||
4.2. Menyajikan kisah-kisah dalam fenomena kehidupan tentang kebenaran adanya malaikat dan makhluk ghaib lain selain malaikat | ||||||
4.2.1. Menceritakan kisah-kisah tentang tugas dan sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya | ||||||
RIYA’ DAN NIFAQ | ||||||
4.3. Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari | ||||||
4.3.1. Mensimulasikan contoh perilaku riya’ dan nifaq serta dampaknya dalam kehidupan sehari-hari | ||||||
ADAB MEMBACA AL-QUR’AN DAN BERDOA | ||||||
4.4. Mendemonstrasikan adab membaca Al Qur’an dan adab berdoa | ||||||
4.4.1. Mempraktikkan adab membaca Al-Qur’an dan adab berdoa | ||||||
KETELADANAN ASHABUL KAHFI | ||||||
4.5. Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi | ||||||
4.5.1. Menceritakan secara runtut tentang kisah Ashabul kahfi | ||||||
KKM KI 4 | ||||||
Jumlah KI 4 ( 5 KD ) | ||||||
RATA-RATA | ||||||
RATA-RATA KESELURUHAN |
Mengetahui, Bondowoso,
Kepala MTs Miftahul Ulum Guru Mata Pelajaran
WAHYUDI,S.Pd.I WAHYUDI, S.Pd.Ii
Comments
Post a Comment