pemetaan kompetensi dasar
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS VII SMT 1
Pekan Efektif 1 semester: …………… pekan
1 Pekan = 2 JP
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Pekan | JP |
1 | Akidah Memahami dasar dan tujuan akidah Islam | 1.1. Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam | 2 jp | |
1.2. Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam | 2 jp | |||
1.3. Menjelaskan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan | 2 jp | |||
1.4. Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan | 2jp | |||
2 | Meningkatkan keimanankepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya | 2.1 Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah. | 4 jp | |
2.2 Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah. | 4 jp | |||
2.3 Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT. | 2 jp | |||
2.4 Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari. | ||||
3 | Akhlak Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah | 3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat | 6 jp | |
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat | ||||
3.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena kehidupan | 6 jp | |||
3.4 Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari | 4jp | |||
Jumlah | ..... pekan | 34 jp |
Mengetahui, Kepala Madrasah ( Wahyudi, S.Pd.I ) | Bondowoso, ………………….. Guru Mapel Aqidah Akhlak ( ……………………………….. ) |
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS VII SMT 2
Pekan Efektif 2 semester: …………….. pekan
1 Pekan = 2 JP
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Pekan | JP |
4 | Akidah Memahami al-asma' al-husna | 4.1. Menguraikan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) | ||
4.2. Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman terhadap 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) | ||||
4.3. Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) | ||||
4.4. Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) dalam kehidupan sehari-hari | ||||
5 | Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk gaib selain malaikat | 5.1 Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan | ||
5.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan | ||||
5.3 Menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan | ||||
5.4 Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan | ||||
6 | Akhlak Menghindari akhlak tercela kepada Allah | 6.1 Menjelaskan pengertian riya' dan nifaaq | ||
6.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya' dan nifaaq | ||||
6.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya' dan nifaaq dalam fenomena kehidupan | ||||
6.4 Membiasakan diri untuk menghindari perbuatan riya' dan nifaaq dalam kehidupan sehari-hari | ||||
Jumlah | ……. pekan | ….. jp |
Mengetahui, Kepala Madrasah ( Wahyudi, S.Pd.I ) | Bondowoso, ………………….. Guru Mapel Aqidah Akhlak ( ……………………………….. ) |
![]() |
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS VIII SMT 1
Pekan Efektif 1 semester: ..... pekan
1 Pekan = .... JP
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Pekan | JP |
1 | Akidah Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT | 1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT | ||
1.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT | ||||
1.3 Menjelaskan macam-macam, fungsi, dan isi kitab Allah SWT | ||||
1.4 Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT | ||||
2 | Akhlak Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri | 2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah | ||
2.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah | ||||
2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan | ||||
2.4 Menampilkan perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan | ||||
3 | Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri | 3.1 Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur | ||
3.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur | ||||
3.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak, dan takabur | ||||
3.4 Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadab, tamak, dan takabur | ||||
Jumlah | ..... pekan |
Mengetahui, Kepala Madrasah ( Wahyudi, S.Pd.I ) | Bondowoso, ………………….. Guru Mapel Aqidah Akhlak ( ……………………………….. ) |
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS VIII SMT 2
Pekan Efektif 2 semester: ..... pekan
...... Pekan = ...... JP
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Pekan | JP |
4 | Akidah Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah | 4.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT | ||
4.2. Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya Rasul Allah SWT | ||||
4.3. Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah SWT | ||||
4.4. Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan | ||||
5 | Memahami mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) | 5.1. Menjelaskan pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash | ||
5.2. Menunjukkan hikmah adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) bagi Rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah | ||||
6 | Akhlak Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama | 6.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzh | ||
6.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku husnuzh tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun | ||||
6.3 Menunjukkan nilai positif dari husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam fenomena kehidupan | ||||
6.4 Membiasakan perilaku husnuzh, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam kehidupan sehari-hari | ||||
7 | Menghindari akhlak tercela kepada sesama | 7.1 Menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah | ||
7.2 Mengidentifikasi bentuk perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah | ||||
7.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah | ||||
7.4 Membiasakan diri menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah dalam kehidupan sehari-hari | ||||
Jumlah | ..... pekan |
Mengetahui, Kepala Madrasah ( Wahyudi, S.Pd.I ) | Bondowoso, ………………….. Guru Mapel Aqidah Akhlak ( ……………………………….. ) |
![]() |
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS IX SMT 1
Pekan Efektif 1 semester: ..... pekan
1 Pekan = .... JP
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Pekan | JP |
1 | Akidah Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir | 1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir | ||
1.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir | ||||
1.3 Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir | ||||
1.4 Menjelaskan macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir | ||||
1.5 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir | ||||
2 | Akhlak Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri | 2.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif | ||
2.2. Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif | ||||
2.3. Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan | ||||
2.4. Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari | ||||
Jumlah | ..... pekan |
Mengetahui, Kepala Madrasah ( Wahyudi, S.Pd.I ) | Bondowoso, ………………….. Guru Mapel Aqidah Akhlak ( ……………………………….. ) |
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS IX SMT 2
Pekan Efektif 2 semester: ..... pekan
...... Pekan = ...... JP
No | Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Pekan | JP |
3 | Akidah Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar | 3.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Qada dan Qadar | ||
3.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qada dan Qadar | ||||
3.3 Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan adanya Qada dan Qadar | ||||
3.4 Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada Qada dan Qadar Allah. | ||||
3.5 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Qada dan Qadar Allah | ||||
4 | Akhlak Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja | 4.1. Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja | ||
4.2. Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja | ||||
4.3. Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan | ||||
4.4. Menampilkan perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari. | ||||
Jumlah | ..... pekan |
Mengetahui, Kepala Madrasah ( Wahyudi, S.Pd.I ) | Bondowoso, ………………….. Guru Mapel Aqidah Akhlak ( ……………………………….. ) |
Comments
Post a Comment