pemetaan kompetensi dasar






 

PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS VII SMT 1

Pekan Efektif 1 semester:  …………… pekan
1 Pekan = 2 JP

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Pekan
JP

1


Akidah
Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
1.1.  Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam

2 jp
1.2.  Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam

2 jp
1.3.  Menjelaskan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan

2 jp
1.4.  Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan

2jp
2
Meningkatkan keimanankepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya
2.1    Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.


4 jp
2.2    Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah.


4 jp
2.3    Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.


2 jp
2.4    Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
3
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah
3.1    Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat



6 jp
3.2    Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat
3.3    Menunjukkan nilai-nilai positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena kehidupan


6 jp
3.4    Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari


4jp

Jumlah
..... pekan
34 jp







Mengetahui,
Kepala Madrasah




( Wahyudi, S.Pd.I )



Bondowoso, …………………..
Guru Mapel Aqidah Akhlak





(  ……………………………….. )




PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS VII SMT 2

Pekan Efektif 2 semester:  …………….. pekan
1 Pekan = 2 JP

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Pekan
JP
4

Akidah
Memahami al-asma' al-husna
4.1. Menguraikan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)


4.2. Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman terhadap 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)


4.3. Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)


4.4. Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) dalam kehidupan sehari-hari


5
Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk gaib selain malaikat
5.1 Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan


5.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan


5.3 Menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan


5.4 Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan
6
Akhlak
Menghindari akhlak tercela kepada Allah

6.1 Menjelaskan pengertian riya' dan nifaaq


6.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya' dan nifaaq
6.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya' dan nifaaq dalam  fenomena kehidupan


6.4 Membiasakan diri untuk menghindari perbuatan riya' dan nifaaq dalam kehidupan sehari-hari




Jumlah
……. pekan
….. jp








Mengetahui,
Kepala Madrasah




( Wahyudi, S.Pd.I )



Bondowoso, …………………..
Guru Mapel Aqidah Akhlak





(  ……………………………….. )







PEMETAAN KOMPETENSI DASAR

MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS VIII SMT 1

Pekan Efektif 1 semester:  .....  pekan
1 Pekan = .... JP

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Pekan
JP

1


Akidah
Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT
1.1   Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT


1.2   Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT


1.3   Menjelaskan macam-macam, fungsi, dan isi kitab Allah SWT


1.4   Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab Allah SWT


2
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri
2.1   Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah


2.2   Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah


2.3   Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan




2.4   Menampilkan perilaku tawakkal, ikhtiyaar, shabar, syukuur dan


3

Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri
3.1   Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur


3.2   Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak dan takabur
3.3   Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadab, tamak, dan takabur  


3.4   Membiasakan diri menghindari perilaku ananiah, putus asa, ghadab, tamak, dan takabur



Jumlah
..... pekan










Mengetahui,
Kepala Madrasah




( Wahyudi, S.Pd.I )



Bondowoso, …………………..
Guru Mapel Aqidah Akhlak





(  ……………………………….. )




PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS VIII SMT 2

Pekan Efektif 2 semester:  .....  pekan
...... Pekan                          = ...... JP

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Pekan
JP
4







Akidah
Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah








4.1.     Menjelaskan pengertian dan pentingnya beriman kepada Rasul Allah SWT


4.2.     Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya Rasul Allah SWT


4.3.     Menguraikan sifat-sifat Rasul Allah SWT


4.4.     Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul Allah dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan


5


Memahami mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash)
5.1.     Menjelaskan pengertian mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash


5.2.     Menunjukkan hikmah adanya mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya (karamah, ma’unah, dan irhash) bagi Rasul Allah dan orang-orang pilihan Allah


6
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji kepada sesama
6.1      Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzh


6.2      Mengidentifikasi bentuk dan  contoh perilaku husnuzh tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun


6.3      Menunjukkan nilai positif dari husnuzh-zhan, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam fenomena kehidupan



6.4      Membiasakan perilaku husnuzh, tawaadhu’, tasaamuh, dan ta’aawun dalam kehidupan sehari-hari


7
Menghindari akhlak tercela kepada
sesama
7.1    Menjelaskan pengertian hasad, dendam, ghibah, fitnah, dan namiimah


7.2    Mengidentifikasi bentuk perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah


7.3    Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah


7.4    Membiasakan diri menghindari perilaku hasad, dendam, ghibah, fitnah dan namiimah dalam kehidupan sehari-hari




Jumlah
..... pekan







Mengetahui,
Kepala Madrasah




( Wahyudi, S.Pd.I )



Bondowoso, …………………..
Guru Mapel Aqidah Akhlak





(  ……………………………….. )







PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS IX SMT 1

Pekan Efektif 1 semester:  .....  pekan
1 Pekan = .... JP

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Pekan
JP

1


Akidah
Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam gaib yang masih berhubungan dengan hari akhir
1.1         Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir


1.2         Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir


1.3         Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir


1.4         Menjelaskan macam-macam alam gaib yang berhubungan dengan hari akhir


1.5         Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir


2
Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri
2.1.       Menjelaskan pengertian dan pentingnya berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif


2.2.       Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif


2.3.       Menunjukkan nilai-nilai positif dari berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam fenomena kehidupan


2.4.       Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari



Jumlah
..... pekan





Mengetahui,
Kepala Madrasah




( Wahyudi, S.Pd.I )



Bondowoso, …………………..
Guru Mapel Aqidah Akhlak





(  ……………………………….. )







PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
MAPEL AQIDAH AKHLAK KLS IX SMT 2

Pekan Efektif 2 semester:  .....  pekan
...... Pekan                          = ...... JP

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Pekan
JP
3







Akidah
Meningkatkan keimanan kepada Qada dan Qadar







3.1       Menjelaskan pengertian beriman kepada Qada dan Qadar


3.2       Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan adanya Qada dan Qadar


3.3       Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan adanya Qada dan Qadar


3.4       Menunjukkan ciri-ciri perilaku orang yang beriman kepada Qada dan Qadar Allah.


3.5       Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Qada dan Qadar Allah


4

Akhlak
Menerapkan akhlak terpuji dalam pergaulan remaja
4.1.     Menjelaskan pengertian dan pentingnya akhlak terpuji dalam pergaulan remaja


4.2.     Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja


4.3.     Menunjukkan nilai negatif akibat perilaku pergaulan remaja yang tidak sesuai dengan akhlak Islam dalam fenomena kehidupan


4.4.     Menampilkan perilaku akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dalam kehidupan sehari-hari.

Jumlah
..... pekan







Mengetahui,
Kepala Madrasah




( Wahyudi, S.Pd.I )



Bondowoso, …………………..
Guru Mapel Aqidah Akhlak





(  ……………………………….. )


Comments